Customer Service, ujung tombak studio foto

24 04 2009

Kategori : bisnis
Sebuah foto studio yang sudah berkembang sebaiknya menempatkan customer service yang dapat diandalkan pada posisinya. Ada banyak aspek teknis yang harus dipahami oleh CS ( customer service ) sebuah foto studio. Karena didalam sebuah foto studio mengandung aspek teknis dan aspek seni, makanya seorang CS sebelum memulai pekerjaannya harus dibekali dengan :

  • Kemampuan menangani pelanggan dengan baik. Sopan santun, kehalusan bahasa, kecepatan penanganan transaksi, ketelitian, kejujuran, tidak mudah tersinggung. Kejujuran ini sangat penting karena sebagai ujung tombak penerima order, CS ini sangat rawan terhadap penyelewengan informasi. Karena jika tidak ada kejujuran, maka CS yang menerima semua order pelanggan akan mengalihkan order order kecil kepada Fotografer “lain” ( kolega si CS ) yang akan memberikan komisi bagi dirinya. <—catat ini penting–>
  • Pemahaman terhadap proses produksi sebuah foto, mulai dari pemotretan sampai jadi sebuah foto, bahkan sampai jadi sebuah album foto. Ini penting karena untuk memberikan keyakinan terhadap pelanggan bahwa proses yang dilakukan oleh studio Anda benar benar memenuhi standar.
  • Pemahaman terhadap trik menjual agar CS bisa diberi wewenang untuk memberikan diskon, bonus atau punya kemampuan tawar menawar dengan calon pelanggan. Tujuannya agar transaksi dapat di “close” tanpa harus menunggu Boss.
  • Kemampuan mengerti komposisi foto. Pengetahuan ini juga perlu dimiliki meskipun tidak terlalu mendalam, supaya pelanggan juga merasa mantap karena sudah dibantu diarahkan oleh customer service.
  • Urut urutan prosesi upacara pengantin sesuai adat yang mayoritas dilakukan didaerah tersebut. Misalnya Anda memiliki foto studio di daerah Jawa Tengah maka CS harus mengerti urut urutan acara Pengantin Adat Jawa ( Jogja dan Solo ). Hal ini untuk membantu pelanggan memahami secara utuh tentang foto liputan acara adatnya.
  • Customer Service harus dipersiapkan sebaik mungkin, rekrutlah CS yang mempunyai latar belakang pendidikan ilmu Komunikasi. Lakukanlah upgrade kemampuannya dengan cara mengikit sertakan pada workshop workshop manajemen penjualan dan sejenisnya sehingga dia mempunyai kemampuan yang dapat diandalkan.

Actions

Information

One response

21 05 2009
I Dropped Over Thirty Pounds in A Month

I was just now searching around about this when I came upon your blog post. I’m only dropping by to say that I definitely enjoyed reading this post, it is very well written. Are you planning toblog more on this? It looks like there is more fodder here for future posts.

Leave a comment